2020 Insha Allah Pertemuan CGF Dilaksanakan di Kaltara

redaksiSeptember 15, 20182min220
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie (nomor dua dari kanan/depan) Bersama Para Gubernur Dari Mancs Negara Pada Pertemuan Gubernur Seluruh Dunia Di California Amerika Serikat

CALIFORNIA – Setelah sehari sebelumnya menghadiri GCF Task Force Annual Meeting, Hari ini, Rabu, 12 September 2018—waktu Amerika Serikat atau Kamis dini hari waktu di Indonesia, bersama Delegasi Indonesia lainnya, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menghadiri pertemuan Under2 Coalition di Hasting University of California.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh 200 Gubernur dari Provinsi maupun Negara Bagian dari 38 Negara di Dunia. Suatu kehormatan dan kesempatan berharga bagi Gubernur Kaltara, diundang mengikuti Under 2 Coalition.

Dalam pertemuan itu, diantaranya membahas upaya mitigasi pemanasan global dan perubahan iklim serta berbagai aspek yang berpengaruh besar terhadap perubahan iklim dan lingkungan.

Menandai keikutsertaan Kaltara dalam Group Under2 Coalition, tadi telah kita tandatangani surat bukti kepesertaan dengan disaksikan oleh Gubernur California Mr Edmund Gerald Jerry Brown.

Under2 Coalition adalah koalisi negara-negara di dunia, yang konsen bergerak di bidang lingkungan. Dengan cakupan lebih besar dibanding GCF Task Force. Dengan masuknya dalam Under2 Coalition ini, menjadi satu langkah maju dan satu terobosan dalam membangun networking di tingkat global (internasional).

“Menjadi penghormatan bagi saya, selaku anggota baru langsung diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat dalam forum yang dihadiri ratusan gubernur dari berbagai negara di Dunia itu, ” ujar Irianto Lambrie.

Pada pertemuan itu, ia juga menyampaikan, terkait upaya mengurangi dampak pemanasan global akibat perubahan iklim dan kerusakan lingkungan serta bagaimana usaha dalam pengurangan emisi global.

Perlu diinformasikan, pertemuan GCF Task Force pada 2019 mendatang akan dilaksanakan di negara Columbia. Tahun berikutnya, 2020 pertemuan GCF akan diupayakan bisa digelar di Kaltara. Dengan mengandalkan program kearifan lokal Kayan Mentarang.

Keuntungan jika Kaltara menjadi tuan rumah, bisa mempromosikan tujuan distinasi wisata dan riset budaya dan alam hutan Kayan Mentarang pada tingkat internasional. Mengenai pendanaan, nanti akan dibiayai oleh GCF. * wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *