Gubernur Kaltara Kunjungi Warga Tulin Onsoi

redaksiOctober 13, 20183min230
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie Disambut Upacara Adat Oleh Warga Kecamatan Tulin Onsoi.Kabupaten Nunukan.

NUNUKAN – Masih dalam rangkaian kunjungan kerja ke wilayah perbatasan, usai dari Sei Menggaris, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Tulin Onsoi, Kabupaten Nunukan.

Di Tulin Onsoi Gubenur Irianto meresmikan gedung Ruang Praktik Siswa (RPS) SMK Negeri 1 Tulin Onsoi. Selain itu, juga menandatangani prasasti Pustu Desa Naputi, PAUD Desa Salang dan Gapura Desa Sekikilan.

“Atas nama Pemerintah Provinsi, saya juga menyerahkan bantuan dari Pemprov kepada aparatur pemerintah kecamatan dan desa di sana, ” kata Irianto Lambrie.

Di Tulin Onsoi Irianto menyaksikan begitu banyak kemajuan diraih saat ini, utamanya bila dibandingkan dengan 5 tahun lalu. Kemajuan yang terjadi ini, sangat cepat. Yang di daerah lain, butuh waktu lama untuk mencapai kemajuan seperti yang kita alami.

Di bidang pendidikan, Pemprov Kaltara telah memberikan insentif guru, sebesar Rp 500 ribu. Insentif diberikan secara bertahap setiap triwulan.

Yang harus diketahui, Pemprov berusaha mengelola keuangan secara sehat. Baik dalam penyaluran DAK Pendidikan dan lainnya. Pemprov meyakini, tata kelola keuangan merupakan kunci dari keberhasilan good governance.

“Saya menginformasikan, dari APBN, Kaltara mendapatkan tambahan anggaran untuk program rehab rumah. Bahkan jatahnya per rumah tangga sasaran juga akan meningkat. Pemprov juga akan menggiatkan program layanan kesehatan gratis, baik dokter spesialis maupun psikolog, ” tutur Gubernur Irianto Lambrie..

Pada kunjungan itu Gubernur mencatat sejumlah usulan dari masyarakat, melalui pemerintah daerah setempat,

“Dan ini saya perintahkan kepada OPD yang terkait untuk menindaklanjutinya. Seperti, pembangunan gedung kantor SMK Negeri 1 Tulin Onsoi, penambahan tower, dan lainnya, ” imbuh Gubernur.

Usai melakukan beberapa kegiatan di Tulin Onsoi, rombongan Gubernur melanjutkan perjalanan menuju ke salah satu warga di Mansalong, Kecamatan Lumbis yang menerima program rehab rumah melalui BSPS, atas nama Iswandi. Semoga bantuan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri warga, dan nantinya akan semakin giat bekerja juga menatap masa depan yang lebih baik.

Di Lumbis, ia juga meresmikan Balai Adat Ansilulum Dayak Tahol di Desa Libang. Balai adat ini dibangun sejak 21 Februari 2017, lewat alokasi Dana Desa Rp 388 juta.

Selain itu, juga ada swadaya masyarakat, menurut warga, bantuan masyarakat itu berupa kerelaan menyumbang 1 KK 1 Ulin bulat. Juga adanya bantuan dari masyarakat lainnya. Juga ada kerelaan Rp 20 ribu per bulan per KK selama 1 tahun. Dana lainnya, ada bantuan dari pihak perusahaan.

Selain sebagai tempat berkumpul warga dalam berbagai kegiatan, balai adat ini, kita harapkan juga dapat menjadi salah satu aset wisata di Nunukan, bahkan Kaltara. Minta diperjuangkan hak hukum, sebagai masyarakat adat.

“Akhirnya, kita dipertemukan di tempat yang baik ini. Saya dengarkan dan cermati apa yang disampaikan perwakilan Desa Libang, ” pungkas Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie. * wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *