Dubes AS Akan Kembali Berkunjung ke Kaltara

redaksiNovember 21, 20183min70
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie (kiri) bersama Futa Besar Amerika Serikat .

JAKARTA – Senin, 22/11/2018 pagi , sekira pukul 09.00 WIB Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie memenuhi undangan Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia, Mr. Joseph R. Donovan Jr.

Pada kesempatan itu Gubernur didampingi beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) diterima di Kantor Kedubes Amerika Serikat, Jl. Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat.

Dubes AS, pada pertemuan ini didampingi oleh Mr Peter C. Lohman-Economic Officer Energy and Mining, Mr Jay R. Anderson-Special Agent Assistant Regional Security Officer, US Department of State, Diplomatic Security Service (DSS) dan Bapak Gusti Kahari Economic Specialist.

Undangan ini merupakan kunjungan kehormatan balasan atas kunjungan kehormatan Dubes AS dan Rombongan ke Provinsi Kaltara pada 12 – 14 September 2018 yang lalu.

Pertemuan berlangsung selama kurang lebih satu jam di Ruang Rapat Dubes AS.

Dalam pertemuan ini, Irianto menjelaskan tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Jangka Menengah Kalimantan Utara. Dalam kesimpulannya, Dubes AS, Mr. Joseph R. Donovan Jr. Dubes AS, antara lain menyampaikan:

1) Pemerintah AS, menilai Provinsi Kaltara memiliki posisi strategis dan penting bagi pengembangan ekonomi Indonesia di masa depan, khususnya dalam konteks kerjasama ekonomi AS dan Indonesia.

Untuk itu Kedubes AS telah membentuk tim khusus, dalam rangka penjajakan kerjasama di bidang investasi dan ekonomi dalam arti luas, pendidikan dan kebudayaan, infrastruktur, dan industri.

Tim ini, rencananya bulan Februari 2019 akan ke Kaltara, dalam rangka melihat langsung ke lapangan, sekaligus ingin mengetahui peluang-peluang apa yang bisa dikerjasamakan.

2) Perkembangan kerjasama ekonomi global dan regional;

3) Lainnya, disampaikan hal-hal yang terkait dengan upaya memperkuat kerjasama AS-Indonesia di masa depan.

Kedubes AS juga menawarkan kerjasama pelatihan skill untuk penanganan human traficking, Narkoba, illegal loging, pengamanan tapal batas. Bahkan mereka sudah menyumbang hibah kapal patroli air ke polisi.

Dalam kesempatan itu, Mr. Joseph Donovan, juga meminta pendapat, pandangan dan saran, bagaimana strategi yang baik untuk mempererat dan memperkuat hubungan kerjasama AS – Indonesia.

Terkait dengan hal ini, Gubernur Irianto menyarankan pentingnya fasilitasi Kedubes AS untuk membangun komunikasi yang lebih intensif dengan para tokoh nasional Indonesia, pelaku bisnis, pejabat pemerintah (pusat maupun daerah), pimpinan organisasi, seperti KADIN, pimpinan perguruan tinggi, dll.

Misalnya dengan menyelenggarakan pertemuan/seminar (baik di Jakarta maupun di Daerah, untuk mempromosikan dan mensosialisasi kebijakan politik luar negeri dan kerjasama AS, juga memfasilitasi bussiness meeting antara pengusaha AS dengan pengusaha Indonesia, pejabat pemerintah, dll.

Termasuk fasilitasi pertemuan pimpinan perguruan tinggi, pimpinan organisasi pemuda/mahasiswa/pelajar AS dan Indonesia. *Wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *