Listrik Menjadi Prioritas Pemprov Kaltara

redaksiNovember 25, 20183min40
Program Kelistrikan Menjadi Prioritas Utama Pemprov Kaltara.

TANJUNG SELOR – Listrik merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. Tak hanya itu, listrik juga menjadi pendukung utama dalam pembangunan di berbagai bidang.

Dari itu, ketersediaan tenaga listrik yang memadai dan andal menjadi salah satu prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kita ada program jangka panjang, yaitu membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kaltara. Salah satunya PLTA Kayan I yang Insya Allah akan dimulai dalam waktu dekat ini, ” ucap Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

Di samping itu, Pemprov melalui Dinas ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) juga menyediakan rencana jangka pendek dan menengah untuk penyediaan ketenagalistrikan di Kaltara, utamanya di wilayah perbatasan.

Ada sejumlah proyek pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang diusulkan untuk dilaksanakan di wilayah perbatasan, khususnya Kabupaten Nunukan pada 2018.

Ada 3 kecamatan di Nunukan yang menjadi tapak dari usulan ini. Yaitu, Kecamatan Sembakung Atulai, Sebuku dan Seimenggaris.
Usulannya sendiri disampaikan kepada PT PLN (Persero) pada tahun ini.

Di samping itu juga ada yang disampaikan Pemerintah Pusat melalui Kementerian ESDM. Dan tentunya juga menyesuaikan dengan kemampuan anggaran.

Di Kecamatan Sembakung Atulai, Pemprov Kaltara melalui Dinas ESDM menyampaikan permohonan untuk dibangunnya Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dari Mansalong, Kecamatan Lumbis hingga ke Kecamatan Sembakung Atulai sepanjang 36.36 kilometer. Di antaranya, juga akan disediakan 7 buah trafo dengan kekuatan masing-masing 100 kilo volt ampere (kVa).

Lalu, di Kecamatan Sebuku. Di kecamatan ini, Pemprov mengusulkan untuk dibangunnya JTM sepanjang 9,2 kilometer dengan 2 buah trafo yang masing-masing berkuatan 100 kVa, ditambah 1 buah trafo berkekuatan 50 kVa.

Di Kecamatan Seimenggaris, sesuai laporan kepala Dinas ESDM, PT PLN (Persero) akan membuka unit layanan baru di Desa Sekaduyan Taka. Di mana, PT PLN (Persero) akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) 3 x 250 kilowatt (kW).

Selain itu, juga akan dibangun JTM sepanjang 11,18 kilometer dengan 4 buah trafo yang masing-masing berkekuatan 50 kVa.

Selain di Nunukan, di tahun ini juga pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terpusat di Dusun Tias, Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan.

Kemudian di Malinau, Dinas ESDM juga telah melakukan pengadaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk 275 Kepala Keluarga (KK) di 3 kecamatan dan 8 desa. * Wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *