Akan Ada 80 Wifi Gratis di Kaltara

redaksiDecember 1, 20182min40
Rencana Pembangunan Wifi Gratis di Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR = Di samping fasilitas jalan dan jembatan, pendidikan, kesehatan maupun perumahan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga memperhatikan infrastruktur di bidang telekomunikasi.

Yang mana pada tahun ini, bekerja sama dengan PT Telkom, dengan mengalokasikan 80 titik Wireless Fidelity (Wifi) secara gratis di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara).

Sesuai data Diskominfo Kaltara, dari 80 alokasi WiFi gratis tersebut, 51 di antaranya telah terpasang di kawasan publik. Seperti, rumah sakit, pelabuhan, taman hingga pasar. Selebihnya dipasang belum terpasang.

Tujuan pemasangan fasilitas WiFi gratis ini, untuk menunjang kemudahan akses internet bagi masyarakat Kaltara.

Wifi gratis ini juga untuk mendorong pengembangan wawasan masyarakat, serta mendongkrak pertumbuhan perekonomian digital di Kaltara.

Service Set Identifier (SSID) Wifi ini dikenal dengan nama “Kaltara Terdepan”. Dengan kecepatan akses internetnya mencapai 50 Mbps (Mega Byte per Second).

Kecepatan tersebut, cocok dan memadai untuk masyarakat umum mencari informasi dari internet.

Rencananya, Diskominfo akan menambah titik Wifi gratis di Tanjung Selor. Di antaranya, di Kulteka, Taman Ahmad Yani, dan ruang terbuka hijau dekat Pelabuhan Kayan II atau pelabuhan speedboat reguler.

Selain fasilitas WiFi, Diskominfo juga menyediakan tambahan titik jaringan internet khusus SMA dan SMK guna menunjang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ada 7 titik jaringan internet disediakan sesuai usulan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kaltara. Dalam penyediaannya, untuk daerah yang belum terjangkau internet, Diskominfo menggunakan V-SAT yang dikelola oleh Mangoesky.

Dengan fasilitas ini di harapkan bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menggunakan internet secara gratis. Apalagi di era digital seperti sekarang, di mana kebutuhan akan internet sangat penting.

Disarankan, dalam menggunakan internet, manfaatkan secara positif. Jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, apalagi untuk melakukan hal yang merugikan orang lain. Seperti mengirim berita hoax, mencela orang lain melalui media soal atau hal-hal buruk lainnya.

Manfaatkan fasilitas gratis ini dengan baik, gunakan internet dengan bijak dan bermanfaat. * Wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *