Suara Pembangunan

Objek Wisata Alam Gunung Putih di Tanjung Palas Kian Kumuh

0

TANJUNG SELOR – Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Iskandar HS, mendesak Dinas Pariwisata Dan Budaya (Disparbud) Provinsi segera berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Dan Budaya Kabupaten Bulungan, mengambil langkah-langkah strategis untuk menata sekaligus menyelamatkan objek wisata alam Gunung Putih di Kecamatan Tanjung Palas.
Menurut Iskandar HS, selain lokasi disekitar objek wisata alam Gunung Putih kondisi nya saat ini kian kumuh lantaran tak terurus, diarea atau disekitar beranda kaki gunung itu juga sudah mulai tumbuh perumahan masyarakat. Akibatnya keasrian alam sebagai zona penyangganya sudah mulai terganggu dan sangat merusak estetika keindahan gunung batu gamping tersebut.
“Setidaknya untuk menyelamatkan objek wisata itu pihak pemerintah setempat harus segera membe

baskan lagan berikut perumahan masyarakat yang ada disana. Sekaligus membangun pagar pengaman permanen yang mengitari gunung dimaksud, “ katanya.
Apalagi saat ini oknum warga yang bermukim disekitar gunung batu tersebut juga sudah mulai mengambil bebatuan yang ada untuk dikomersilkan. Baik sebagai bahan pondasi bangunan dan drainase, maupun sebagai bahan campuran cor.
Selain memliki keindahan, Gunung Putih pada zaman dahulu kala juga memiliki kesakralan khusus bagi warga setempat. Konon apabila ada kerabat Kesultanan Bulungan yang mangkat maka dipuncak gunung tersebut muncul bendera berwarna kuning.
“Karena gunung putih merupakan satu-satunya objek wisata yang terdekat dan mudah dijangkau oleh siapa saja yang ingin menikmati panorama alamnya. Maka tidak ada alasan bagi pemerintah untuk tidak segera menata dan melakukan penyelamatan disana, “ ujar Iskandar HS. * Rie.

print