11 Perusahaan akan Dinilai Peringkat Proper

0 44

TANJUNG SELOR – Sebanyak 11 perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, terutama tambang batu bara di Kaltara akan dilakukan penilaian. Penelian ini bertujuan agar resiko kerusakan lingkunan dapat ditekan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Edy Suharto mengatakan, Pemprov Kaltara melakukan penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper). Untuk tahap pertama, penilaian Proper telah dilaksanakan pada Oktober dan Nopember 2016 lalu.

Proper perusahaan senderi dilakukan berdasarkan dari laporan perusahaan berupa rencana Pengelolaan Lingkungan Hidup (RKL) dan rencana pemantauan lingkungan hidup (RPL) yang disampaikan dalam kurun waktu enam bulan. Setelah itu tim gabungan yang terdiri dari DLH Pemprov dan DLH Kabupaten/Kota, serta Dinas ESDM Kaltara melakukan cross check ke lapangan untuk memastikan laporan tersebut.

“Untuk hasil penilaian proper di Kaltara, nanti dilihat setelah hasil rapat final yang diselenggarakan pada bulan mei nanti,” ujarnya. Ada beberapa tahapan yang dilakukan untuk mengetahui hasilnya. Di mana laporan hasil tersebut haru mendapat persetujuan dari gubernur. Kemudian, penilian Proper akan diumumkan pada saat peringatan hari lingkungan yang rencananya dilaksanakan pada Juni nanti.

Edy menambahkan, pihaknya juga akan menyasar ke perusahaan-perusahaan yang memiliki konsesi di atas rawan gambut, seperti perkebunan kelapa sawit dan perusahaan hutan tanaman industri (HTI). “Itu yang kita sasar nanti,” ucapnya.

Perusahaan penyedia jasa dan industri juga tidak lepas dari penilaian. Saat ini, pihak DLH sedang mensosialisasikan dan pendataan kepada perusahaan tersebut. Sedangkan penilaiannya akan dilakukan di 2018 nanti, di mana DLH prediksikan sekitar 40 perusahaan akan bertambah.

Dari segi aspek penilaian terhadap perusahaan, perkebunan,  penyedia jasa dan industri serta rumah sakit, akan dilihat dari izin lingkungan, pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3), serta potensi kerusakan lahan. “Jika tidak terpenuhi aspeknya akan diberikan peringkat warna merah, sebaliknya jika memenuhi aspek maka akan dinilai dengan warna biru,” pungkasnya. (al)

print
Leave a comment