Suara Pembangunan

Gubernur Ingatkan Pentingnya Kebersihan Fisik dan Spiritual

- TP PKK dan DWP Kaltara “Berbagi Kasih” dengan Petugas Kebersihan

0

TARAKAN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar aksi sosial dengan memberikan bingkisan kepada petugas kebersihan taman, jalan dan pengangkut. Kegiatan yang diberi nama “Berbagi Kasih” kali ini digelar di Kota Tarakan.
Bertempat di Pasar Tenguyun Boom Panjang, Jalan Kesuma Bangsa, Kelurahan Pamusian, Tarakan Timur, TP PKK dan DWP Kaltara membagikan paket sembilan bahan pokok (Sembako)  kepada sekitar 350 petugas kebersihan taman, jalan dan pengangkut sampah di Kota Tarakan.
Hadir langsung dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, Sekretaris Provinsi Kaltara H Badrun, Ketua TP PKK Provinsi Kaltara Hj Rita Ratina Irianto, ketua DWP Provinsi Kaltara Hj Sri Senanti Badrun, dan jajaran TP PKK serta DWP Provinsi Kaltara. “Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara berterima kasih dan mengapresiasi seluruh petugas kebersihan yang ada. Sebab, dengan kehadiran dan tanggung jawab mereka, Kota Tarakan menjadi bersih dan asri,” kata Gubernur kala memberi sambutan.
Meski demikian, kata Irianto, kebersihan sedianya bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan. Melainkan juga seluruh masyarakat. “Untuk menjadi sebuah daerah atau negara yang maju, kebersihan merupakan bagian dari kehidupan yang harus dipenuhi. Baik itu kebersihan fisik maupun spiritual,” tegasnya.
Terkait bantuan yang diberikan, Gubernur mengatakan, bahwa Ramadan merupakan momentum yang tepat untuk berbagi, terlebih menunaikan zakat, infaq dan sedekah. Untuk itu, Pemprov Kaltara melalui TP PKK dan DWP menyisihkan rezeki yang ada untuk dinikmati bersama dengan masyarakat yang membutuhkan.
Sementara itu, ketua TP PKK Provinsi Kaltara Hj Rita Ratina Irianto menyebutkan, lewat kegiatan ini diharapkan ikatan silaturahmi dan kasih antara sesama manusia, khususnya kaum muslim di Kaltara semakin erat menyatu. “Ayo kita semua, bersemangat membantu menjadikan Kaltara sebagai yang terdepan,” tuturnya.
Selain membagikan sembako kepada petugas kebersihan, Gubernur juga menyisihkan zakat hartanya untuk dibagikan saat itu. Tak hanya di Tenguyun, Gubernur juga membagikan paket sembako kepada puluhan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tengkayu I, termasuk para ojek sepeda motor dan supir angkutan umum yang beroperasi di area Pelabuhan Tengkayu I. (humas)

print