Suara Pembangunan

Rencana Pembangunan Mapolda Kaltara Terkendala Penyiapan Lahan

0

TANJUNG SELOR – Terkendala belum disahkannya Peraturan Daerah tentang Rencana Umum Tata Ruang Wilayah, maka rencana penyiapan lahan untuk calon pembangunan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) masih terunda. Lantaran rencana pembangunan markas tersebut areal berada di lahan di kawasan Kota Baru Mandiri (KBM), yang persis berada didesa Gunung Seriang Kecamatan Tanjung Selor Kabupaten Bulungan  Provinsi Kalimantan Utara.
“saat ini draft Raperda RTRW Kaltara sudah di Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk evaluasi dan sudah dikirim ada tanggal 8 Februari 2017 yang lalu, “terang Datu Iqro Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov Kaltara kemarin seraya mengatakan pihak Kemendagri sudah mengundang untuk melaksanakan rapat tentang itu.
“ Dengan diberikan waktu 15 hari, kemungkinan pada tanggal 23 Februari 2017 mendatang diharapkan sudah ada nomor regestrasi Perda RTRW Kaltara tersebut,” ujarnya saat mendampingi Wagub Kaltara Udin Hianggio bersera rombongan dari Mabes Polri kemarin.
Wakil Gubernur (Wagub)  Kalimantan Utara (Kaltara) H Udin Hianggio sendiri berharap, bahwa pembentukan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) bisa segera terwujud dikaltara. Dikarenakan dengan berbagai pertimbangan kondisi kerawanan keamanan di wilayah provinsi termuda di Indonesia ini yang letak geografisnya berbatasan langsung dengan Kerajaan Malaysia.
“Misalnya tinfkat kerawanan dimaksud seperti peredaran narkoba yang sangat tinggi sekali. Maka dengan adanya Maolda yang cepat terbangun nantinya bisa memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat di provinsi,” kata Udin.
Sementara itu, Asisten I bidang pemerintahan, Sanusi, juga menyampaikan kondisi terkini tentang kesiapan Pemprov Kaltara untuk rencana pembentukan Polda.
“Intinya kita siap. Bahwa lahan yang akan diperuntukkan membangun Mapolda itu seluas 22 hektare lebih, “ ujar Sanusi.
Rombongan dari Mabes Polri tersebut, diantaranya adalah Kombes Yasdan Rivai, AKBP Halasan Situmeang. Serta didampingi oleh Kepala Biro Perencanaan Polda Kaltim, Kombes Lakoni WN dan Kabag Strajemen AKBP Handoyo.
“Kami ingin melihat langsung persiapan dan tindak lnjut proses pembentukan Polda Kaltara. Mengingat pempangunan  Mapolda Kaltara merupakan program prioritas Bapak Kapolri,” ujarnya. (hmsprov).

print