Nunukan, Wakili Kaltara Raih Penghargaan Adipura

Nunukan, Wakili Kaltara Raih Penghargaan Adipura

  15 Jan 2019

TANJUNG SELOR – Kabupaten Nunukan, menjadi satu-satunya wakil dari Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang menerima penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Sertifikat Adipura kepada Nunukan, sebagai Kabupaten Bersih diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya dalam ajang Penanugerahan Adipura 2018 di Gedung Manggala Wana Bhakti, KLHK di Senayan, Jakarta, Senin (14/1).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltara Edy Suharto mengungkapkan, terdapat tiga kategori penanugerahan Adipura yang diberikan oleh KLHK. Yaitu meliputi Adipura Kencana, Piala Adipura, dan Sertifikat Adipura. “Adipura Kencana diraih oleh Kota Surabaya, sementara Kabupaten Nunukan meraih Sertifikat Adipura bersama 9 kabupaten/kota lainnya di Indonesia,” kata Edy.

Dikatakan Edy, sebelumnya DLH Kaltara telah mengusulkan 5 kabupaten/kota di Kaltara untuk penilaian Adipura. Namun, dalam prosesnya, hanya Kabupaten Nunukan yang memenuhi syarat untuk meraih Sertifikat Adipura dengan kategori Kabupaten Bersih. “Saya sangat mengapresiasi penghargaan tersebut. Semoga penghargaan yang sudah diperoleh dapat dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan,” katanya.

Penyerahan sertifikat disaksikan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla. Penyerahan diberikan Menteri LHK kepada Bupati Nunukan yang diwakili Asisiten Kesra Sektretaris Kabupaten (Setkab) Nunukan H Hanifiah. Sementara Piala Adipura dan Adipura Kencana diserahkan langsung oleh Jusuf Kalla.

Sementara itu, ucapan selamat disampaikan oleh Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie. Melalui akun resmi media sosialnya, Gubernur memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah kabupaten dan seluruh masyarakat Nunukan.

Gubernur berpesan agar penghargaan ini bisa dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan. Begitu pun bagi yang belum meraih, diharapkan untuk tidak patah semangat, dan terus menjaga wilayahnya tetap bersih dan hijau. “Menjaga lingkungan tetap bersih, bukan semata untuk mencari penghargaan, tapi untuk kelestarian lingkungan kita. Mari kita jaga kebersihan. Dengan lingkungan yang bersih, hijau merupakan cara kita menjaga bumi ini dari kerusakan,” tulisnya di akun resmi facebooknya.(humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *