FS KIPI Tanah Kuning Segera Didesain

  27 Jan 2019

TANJUNG SELOR – Pemerintah Korea Selatan akan menghibahkan dana untuk penyusunan dokumen perencanaan pengembangan KIPI di Tanah Kuning-Mangkupadi. Nilainya cukup besar, yaitu USD 600.000 atau kalau dirupiahkan Rp 8,5 miliar lebih.

Dana ini digunakan untuk penyempurnaan dokumen yang harus dilengkapi, terkait dengan Term of References (TOR) Feasibility Studies (FS) KIPI Tanag Kuning-Mangkupadi, khususnya untuk pembangunan pelabuhannya.

Dengan masuknya dukungan dana ini, menunjukkan keseriuasan Pemerintah Korea Selatan untuk membangun pelabuhan. Sementara, pemerintah China akan membiayai kawasan industrinya sebagai kerjasama business to business dengan Pemerintah RI.

Ini juga membuktikan, bahwa Kaltara menjadi tujuan investasi dari semua negara di dunia. Bukan hanya China saja.

Nanti skema penyusunan FS-nya akan dilakukan kerjasama antara kementerian terkait dengan Pemerintah Korea. Selanjutnya hasil FS tersebut nanti untuk digunakan sebagai dasar penyusunan Detail Engineering Design (DED). Pengerjaannya dimulai pertengahan Februari 2019 atau bulan depan.

Adanya program bantuan hibah dari Negara Korea Selatan ini, merupakan salah satu langkah maju dalam proses pengembangan KIPI. Karena itu, saya menginstruksikan agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kaltara dapat saling berkolaborasi, sehingga fokus pengembangan KIPI dapat segera terwujud.

Selain dana hibah dari Korea Selatan, sebelumnya, Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China juga akan memberikan dana hibah bagi pelaksanaan pembuatan studi kelayakan dan masterplan proyek prioritas di Kaltara. Termasuk salah satunya juga di KIPI Tanah Kuning Mangkupadi. Besarannya sekitar Rp 50 Miliar hingga Rp 100 miliar.

Dana ini merupakan bagian dari skema perjanjian Global Maritime Fulcrum (GMF) dalam balutan Belt and Road Initiative (BRI) Pemerintah Indonesia-Pemerintah RRT atau yang dikenal juga dengan OBOR (One Belt One Road). *wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *