Membangun Sumur Bor Untuk Warga Pinggiran Kaltara

  15 Feb 2019

Realisasi Pembangunan Sumur Bor di Kalimantan Utara.

TANJUNG SELOR – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui programnya akan memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, dimana saat ini telah membangun sebanyak 20 titik sumur bor di sejumlah desa yang tersebar di lima kabupaten/kota di Kalimantan Utara (Kaltara). Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2011 hingga 2018.

Bantuan pembangunan sumur bor ini merupakan usulan dari masing-masing Kabupaten Kota yang diteruskan ke pusat oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, melalui Dinas ESDM.

Ini juga merupakan salah satu program, kegiatan energi berkeadilan dari Kementerian ESDM untuk mewujudkan nawacita, menyangkut membangun masyarakat dari pinggiran, yang sangat membutuhkan layanan air bersih.

Dari dua puluh titik sumur bor itu, satu di antaranya di danai melalui APBD Provinsi Kaltara. Yang berlokasi di Desa Bebatu Supa, Kabupaten Tana Tidung. Lainnya didanai melalui APBN.

Untuk tahun ini, Pemprov Kaltara kembali mengusulkan pembangunan sumur bor untuk di sejumlah desa di Kaltara, sebanyak 15 titik.
Ini semua usulan dari kabupaten/kota.

Dengan rincian, dari Kota Tarakan 2 titik, Kabupaten Nunukan 4 titik, Kabupaten Malinau 4 titik, Kabupaten Bulungan 3 titik dan KTT (Kabupaten Tana Tidung) sebanyak 2 titik.

“Saya telah menginstruksikan kepada Dinas ESDM Kaltara, selaku OPD teknis, untuk mengawal program ini dengan terus melakukan koordinasi dan komunikasi kepada pemerintah pusat. Sehingga program bantuan ini mampu menjangkau ke daerah yang sulit air di Kaltara, ” kata Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie. * wa2n.

Grafis Infopubdok Kaltara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *