Menteri ESDM Tinjau Pengolahan Semikokas di Kaltara

  15 Feb 2019

Menreri ESDM Ignatius Jonan Didampingi Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie Meminjau Pengolahan Semikokas di Desa Apung Kabuparen Bulungan, kemarin.

TANJUNG SELOR – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie, memdampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignatius Jonan yang melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Utara selama dua hari ini.

Kunjungan diawali dengan meninjau pabrik pengolahan semikokas milik PT Megah Energi Katulistiwa (MEK) di Desa Apung, Kecamatan Tanjung Selor.

Di perusahaan yang merupakan bagian atau anak usaha dari PT Energi Nusa Mandiri (ENM) ini, Menteri Jonan melihat perkembangan konstruksi pabrik pengolahan semikokas yang merupakan salah satu investasi besar di Kalimantan Utara.

Sesuai dari pemaparan pihak perusahaan bahwa di kawasan itu akan dibangun technopark to facilitate coal-base atau kawasan industri berbasis tambang batubara.

Di mana di lokasi itu juga dibangun beberapa pabrik hilirisasi tambang. Seperti PLTU, semikokas, coke gas untuk pembangkit listrik, dan tar/MFO yang didapatkan dalam 1 siklus proses produksi, serta pabrik coal upgrading.

“Sepaham seperti yang disampaikan oleh Pak Menteri, kita sangat mendukung pembangunan pabrik hilirisasi tambang. Kami juga mengapresiasi kepada perusahaan yang bersedia berinvestasi di Kaltara ini, ” ujar Irianto.

Di samping berdampak pada pertumbuhan ekonomi, dengan penyerapan tenaga kerja, dari listrik yang dihasilkan juga sangat bermanfaat untuk masyarakat. Termasuk pada investasi.

Dukungan yang diberikan sesuai dengan kewenangan pemerintah provinsi. Terutama dalam hal rencana pembangunan PLTU lagi,

“Tadi oleh Pak Menteri kita diminta untuk menyurat terkait kebutuhan listrik untuk Kaltara berapa. Nanti akan segera kita buat, ” tambah Irianto.

Menteri Jonan juga sudah menjanjikan akan menyetujui berapa permintaannya, dan untuk dimasukkan dalam Rencana Umum Penyediaan Tenaga LIstrik (RUPTL) 2020.

Selain melakukan tinjauan di PT MEK, bersama Menteri yang didampingi Dirjen Minerba, Dirut Pertamina, Ibu Nicke Widyawati, juga ada CEO Pesona Khatulistiwa Nusantara (PKN) atau PT ENM, Lim Gunawan, mereka juga melanjutkan kunjungan ke Tarakan untuk melakukan kegiatan lainnya. * wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *