Pemprov Kaltara Terus Dorong Pelaku Usaha UMKM

  17 Feb 2019

Ini dia jenis pelatihan UMKM dan Koperasi di Kaltara tahun anggaran 2019.

TANJUNG SELOR – Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) dinilai sangat berperan dalam menumbuhkan ekonomi di Kaltara. Oleh sebab itu Pemerintah Provinsi terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas para pelakunya.

Salah satunya adalah melakukan berbagai pelatihan. Pada 2019 ini, saja, direncanakan ada 14 jenis pelatihan yang akan diberikan. Dengan alokasi anggaran Rp 2,9 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Pelatihan nanti dilaksanakan di kabupaten/kota sesuai usulan yang disampaikan oleh pemerintah daerah masing-masing.

Selain pelatihan sebagai upaya meningkatkan kapasitas para pelakunya, Pemerintah juga membantu dalam permodalan untuk para pelaku UMKM.

Setidaknya ada 4 sumber pendanaan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, yang membutuhkan modal.

Di antaranya ada dana support dana dari Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB) KUMKM. Kemudian ada Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan untuk Wirausaha Pemula (WP), serta Ultra Mikro (UMi).

Namun yang menjadi kendala, sejauh ini masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami syarat-syarat dan prosedur untuk mendapatkan pendanaan ini.

“Untuk itulah saya minta melalui Disperindagkop lebih gencar mensosialisasikan kepada masyarakat. Utamanya bagi para pelaku UMKM, ” tegas Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, kemarin. * wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *