Besaran ADD Terus Ditingkatkan

  28 Mar 2019

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

TANJUNG SELOR – Pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang sangat besar ke Desa. Agar dana ini bisa semakin besar manfaatnya, tak hanya sekedar membangun sarana dan prasarana desa, juga diperlukan inovasi-inovasi di Desa.

Untuk itu lah, Pemerintah pusat hingga daerah, tak terkecuali Pemprov Kaltara melakukan program Inovasi Desa.

Melalui program ini, pemerintah ingin mendorong pemanfaatan Dana Desa agar lebih berkualitas lagi, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa setempat.

“Tadi pagi, saya baru saja menutup kegiatan Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa Provinsi Kaltara di Swis-belhotel Tarakan,” ujar Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, kemarin.

Program Inovasi Desa terdiri dari 2 komponen. Pertama, berkaitan dengan pengelolaan pertukaran pengetahuan dan inovasi Desa, yaitu kegiatan penyebarluasan praktek pembangunan inovatif, dengan tujuan memberikan inspirasi kepada Desa untuk
memperbaiki kualitas perencanaan Desa.

Kedua, peningkatan kapasitas Penyedia Jasa Layanan Teknis (PJLT), yang bertujuan agar Desa mendapatkan jasa layanan teknis yang profesional dan mandiri.

Melalui kegiatan Rakor yang diselenggarakan ini, saya berharap bisa menanamkan pola pikir bahwa desa bukan lagi hanya objek pembangunan, tapi sebagai subyek yang berperan aktif menjadi motor penggerak pembangunan.

Jadikan Rakor ini untuk memberikan pemahaman yang komprehensif, mengenai strategi dalam sinkronisasi program. Sehingga akan menghasilkan program yang baik, dalam memajukan desa.

Inovasi merupakan satu hal penting dalam mencapai keberhasilan. Apalagi ditunjang dengan banyaknya potensi yang ada desa.

“Terakhir, saya berpesan kepada seluruh aparat desa se Kaltara, gunakan dana desa yang disalurkan ke desa-desa dengan sebaik-baiknya. Akuntabel, transparan dan tepat sasaran, ” kata Gubernur.

Sehingga dana ini, akan benar-benar termanfaatkan untuk kemajuan desa, dan juga kesejahteraan masyarakatnya. *wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *