19 Kecamatan di Kaltara Sudah Dipasang Lampu LTSHE

  17 Jun 2020

Infografis.

TANJUNG SELOR – Sesuai laporan dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kaltara, pada 2019 ada sebanyak 4.591 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang telah terpasang di 19 Kecamatan pada 3 kabupaten di wilayah Kalimantan Utara (Kaltara).

LTSHE yang sudah terpasang ini, merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat pada Tahun 2019.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Kaltara mengusulkan kepada Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sesuai dari data dan usulan kabupaten/kota.

Pada Tahun 2020, kita kembali mengusulkan. Bahkan jumlahnya lebih banyak, 20.000 unit LTSHE.

“Kita berharap meski saat ini, Negara kita sedang dihadapkan dengan adanya pandemi Covid-19, usulan tersebut tetap bisa terakomodir, ” kata Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

Melalui program LTSHE sejauh ini sangat membantu masyarakat. Terutama bagi warga yang berada di wilayah yang belum terjangkau listrik dari PLN. Seperti di antaranya di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir, serta pulau terdepan.

Kepada masyarakat yang menerima bantuan LTSHE ini, diberikan secara gratis. Namun warga tidak boleh memperjual belikan. Karena dalam alat itu sudah ada kode, sesuai nama yang tertera.

Perangkatnya juga bergaransi selama tiga tahun. Kalau rusak, warga penerima tinggal menghubungi nomor service center yang diberikan.

Melalui kesempatan ini, kami atas nama warga penerima sampaikan terima kasih kepada Pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM yang telah merealisasikan usulan kita untuk pengadaan LTSHE bagi masyarakat yang sangat membutuhkan layanan listrik. * wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *