Program Dokter Terbang Diprediksi Akan Mendapat Penghargaan Tingkat Nasional

  21 Jun 2020

Infografis.

TANJUNG SELOR – Setelah tahun lalu, program layanan kependudukan ke wilayah pedalaman dan perbatasan melalui inovasi Program SiPelandukilat masuk sebagai salah satu program Top 45 Inovasi Nasional, Alhamdulillah tahun ini program lainnya di yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kaltara berpotensi besar mendapatkan penghargaan serupa.

Program Layanan Dokter Terbang yang kita adakan sejak Tahun 2014, sesuai informasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) masuk dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2020.

Dari 99 nominator ini, nantinya akan diseleksi lagi untuk dipilih Top 45 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kemenpan-RB.

“Penghargaan memang bukan menjadi tujuan utama kita, program inovasi yang kita lakukan bertujuan untuk melayani masyarakat, ” ujar Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

Seperti Dokter Terbang ini. Memiliki tujuan untuk memberikan solusi terhadap berbagai kendala yang ada dalam layanan kesehatan di Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan Provinsi Kalimantan Utara.

Program Layanan Dokter Terbang memiliki nilai strategis dalam upaya memberikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat, khususnya dalam pelayanan kesehatan.

Pada tahun 2019 layanan kesehatan melalui program dokter terbang selain melayani beberapa kecamatan terdekat yg relatif dan mudah diangkau, juga difokuskan pada 3 daerah, yaitu Kecamatan Pujungan Kabupaten Malinau, Tau Lumbis dan Krayan Selatan Kabupaten Nunukan.

Untuk mendukung program dokter terbang, kita sediakan anggaran melalui APBD. Tak hanya untuk operasional, namun juga dukungan sarana dan prasarana. Seperti pengadaan peralatan medis portable, juga didukung stakeholder ekternal yaitu operator penerbangan serta Ikatan Dokter Indonesia Kaltara mengikutsertakan tim dokter spesialis, antara lain spesiali kandungan, penyakit dalam, spesialis mata dan anak.

Pelaksanaan layanan dokter terbang juga mendapat dukungan dari Pemda setempat karena melibatkan puskesmas pada desa yang dilayani.

Pelaksanaan layanan dokter terbang selain bermanfaat secara sosial, tetapi juga mempunyai nilai ekonomis yang cukup besar. Karena pelayanan jemput bola dan masyarakat merasa terbantu karena pelyanan Kesehatan gratis oleh dokter spesialis.

Pelaksanaan layanan dokter terbang merupakan kegiatan lintas sektor dan memerlukan integrasi lintas moda transportasi. Untuk bisa menjangkau daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan diperlukan dukungan moda transportasi baik darat, sungai, laut maupun udara. * wa2n.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *