KaltaraPemprov Kaltara

Blok Maratua di Kaltara Mulai Digarap

Infografis.

TANJUNG SELOR – Meski libur namun tidak berarti menyurutkan kita untuk tetap semangat dalam beraktifitas, dan selalu optimis untuk menyambut esok yang cerah.

Tak henti-hentinya kita bersyukur Kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, Kalimantan Utara dikaruniai Sumber Daya Alam yang begitu melimpah. Salah satunya berupa kandungan minyak bumi dan gas.

Setelah sebelumnya mendapat tawaran hak Participating Interest (PI) 10 persen daerah dari kontraktor PT Pertamina Hulu Energi Nunukan Company (PHENC) yang akan mengelola Wilayah Kerja (WK) Blok Nunukan, Kabupaten Bulungan, yang sementara ini masih dalam proses oleh salah satu BUMD milik Pemprov Kaltara, hal serupa juga akan diberikan untuk Kalimantan Utara.

Kali ini di WK Blok Maratua II, yang juga berada di wilayah provinsi Kalimantan Utara.

Pemprov Kaltara, pada prinsipnya setuju dengan rencana tersebut. Hal serupa juga dinyatakan pemerintah kabupaten yang wilayahnya menjadi rencana itu. Yakni, Pemkab Nunukan, Bulungan dan Tana Tidung.

Untuk legitimasinya, persetujuan rencana pengembangan WK Blok Maratua II akan dibuatkan dalam laporan berita acara untuk selanjutnya ditandatangani para pihak terkait.

Melalui OPD terkait, saya minta untuk terus berkoordinasi terkait peluang bisnis yang memungkinkan ini. Serta mensinkronkan dan mengintegrasikan data pembangunan Provinsi Kaltara. Harapannya, jika blok ini telah berjalan, tidak akan mengalami kendala atau hambatan.

Penawaran PI 10 persen ini berdasarkan Permen ESDM No. 37/2016, tentang Ketentuan Penawaran Participating Interest 10 persen pada Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi.

Menindaklanjuti tawaran ini, Pemprov Kaltara melalui Gubernur akan segera menyurati SKK Migas. Untuk berpartisipasi, syaratnya adalah ada BUMD, peraturan daerah dan lainnya yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini harus kita persiapkan.

Apabila PI tersebut dapat direalisasikan, dan Kaltara bisa ikut ambil bagian. Yaitu melalui BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) akan memberikan banyak keuntungan untuk Daerah.

Di samping keuntungan secara langsung, dampak positif lainnya juga akan sangat besar bagi perekonomian Kaltara. Di antaranya penyerapan tenaga kerja yang sangat besar. Juga efek positif lainnya. * wa2n.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button