Suara Pembangunan

Kopi Aci Malinau Dan Kopi Jahe Bulungan Siap Diseduh di Tepian Kayan

0

TANJUNG SELOR = Memperingati hari kopi internasional, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Provinsi Kalimantan Utara mengajak para pecinta kopi untuk minum kopi bareng, Selasa Malam, 3/10/2017 di tepian Kayan, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan.

“Kita akan menghidangkan kopi Aci asal Malinau dan Kopi jahe asal Bulungan yang diproduksi oleh home industri yang ada di Kampung Arab Kelurahan Tanjung Selor Hulu, ” kata Agustian Arsyad, Kepala Seksi Analisis Dan Bisnis mendampingi H Achmad Haerani Kepala.Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Kalimantan Utara, diruang kerjanya, Senin 2/10/2017.

Adapun lokasi atau tempat acara minum kopi gratis tersebut dipusatkan ditepian.kayan, atau tepatnya disamping penginapan Bulungan Indah atau seputaran logo tulisan Tanjung Selor yang ada ditaman tepian kayan tersebut.

Selain Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya, nantinya akan hadir pula Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi serta kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Utara.

Tujuan untuk menghadirkan kepala Disperindagkop dan Kadis Pertanian antara lain berkaitan dengan pemasaran dan budidaya kopi khas Kalimantan Utara.

Seperti kita ketahui, sejak beberapa tahun terakhir budidaya kopi oleh petani kopi kian menyusut, hampir-hampir nyaris tak ada perkembangan yang signifikan.

Nah melalui even hari kopi internasioal yang kita rayakan besok malam, ada satu terobosan untuk kembali mengembangkan budidaya kopi khas kalimantan utara. Sekaligus mencari solusi bagaimana.pemasaran keluar bila tanaman kopi lokal berkembang pesat dimasa-masa yang akan datang.

“Bukan tidak mungkin kedepan melalui acara hari kopi internasional seperti ini dapat menjadi ikon wisata khas Kalimantan Utara, ” ujar Agustian Arsyad.

Untuk persiapan acara pihak penyelenggara mengaku ada mempersiapkan bubuk kopi Aci Malinau sekitar 5 KG dan bubuk kopi jahe khas Bulungan juga sekitar 5.Kg. * redaksi.

print