Gubernur Bantu Korban Bencana Gelombang Pasang di Tanah Kuning

0 39

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara)  Dr H Irianto Lambrie menyerahkan bantuan logistik untuk para korban bencana gelombang pasang di Desa Tanah Kuning,  Kecamatan Tanjung Palas Timur,  Bulungan,  Rabu (22/02)  kemarin. Bantuan yang diberikan berupa keperluan sandang,  pangan dan perlengkapan sekolah.  Juga ada peralatan rumah tangga, serta logistik lainnya. Selain logistik yang merupakan bantuan Pemprov Kaltara melalui Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),  Gubernur secara pribadi juga membantu uang tunai sebesar Rp 5 juta per rumah.  “Menurut laporan ada 12 kepala keluarga (KK) yang menjadi korban. Rumahnya ada 10, karena ada yang satu rumah ditempati 2 KK. Bantuan logistik diberikan per KK.  Kalau yang dari gubernur per rumah,” ujar Irianto.

Gubernur menyampaikan, turut prihatin atas musibah yang menimpa warga.  Dirinya mengajak masyarakat untuk mengambil hikmah atas musibah yang terjadi ini.  “Musibah itu mendidik untuk tegar dan sabar, serta membuat kita lebih kuat menghadapi kehidupan,” ucapnya.  Hikmah lainnya yang bisa dipetik, kata Irianto, musibah memberikan kesempatan untuk menghapus dosa. “Yakinlah dengan musibah atau cobaan,  Allah akan memberikan yang lebih baik,” ujar Irianto.

Disampaikan,  kepada masyarakat agar menumbuhkan semangat gotong royong saling membantu.  Terutama pada saat terjadi musibah seperti ini.  “Yang terkena musibah memang hanya 12 KK,  tapi bagi saya sama saja.  Biarpun cuma 1 atau 2 KK tetap harus kita bantu.  Saya tidak ingin ada masyarakat yang terkena musibah tidak diperhatikan.  Makanya saya harap masyarakat berpikir demikian juga.  Kalau ada warga lain tertimpa musibah,  mari sama-sama kita bantu,” kata Irianto lagi.

Dalam kesempatan itu,  gubernur juga menyampaikan,  dirinya sudah berkomunikasi dengan Bupati Bulungan (Sudjati) agar warga yang berada di bibir pantai direlokasi ke daerah yang aman.  “Terutama para korban tadi,  dan masyarakat lainnya direlokasi.  Karena kita tidak ingin musibah kembali terjadi.  Nanti bupati bersama aparaturnya yang menyiapkan lahan,” ujarnya.

Terkait dengan rumah baru nanti,  gubernur mengatakan,  pemerintah pusat dan provinsi Kaltara ada program bantaun perbaikan rumah masyarakat.  Di mana per rumah mendapat bantuan sebesar Rp 15 juta.  “Saya akan komunikasikan dengan menteri sosial,  agar bantuan rumah itu bisa diperuntukkan bagi para korban bencana,  seperti di Tanah Kuning ini.  Selain memberikan bantuan,  gubernur yang didampingi ketua dan wakil ketua DPRD, bupati Bulungan, para pejabat pemprov,  serta unsur FKPD Bulungan, juga menyempatkan meninjau lokasi yang terkena dampak gelombang pasang atau rob.

Dalam kesempatan itu,  Irianto juga menyempatkan berbincang dengan warga yang masih tinggal di bibir pantai. Gubernur berharap masyarakat bersedia direlokasi. Begitu juga kepada bupati dan jajarannya, diharapkan segera mempersiapkan lahan untuk rencana relokasi tersebut. (humasprov)

print
Leave a comment