Suara Pembangunan

Gubernur Kaltara Jajaki Kerja Sama Dengan Negara Azerbaijan

- Kerjasama dibidang pendidikan, pertanian dan kebudayaan

0

JAKARTA – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Dr H Irianto Lambrie, mendapat kehornatan diundang makan malam di kediaman Duta Besar Republik Azerbaijan untuk Indonesia, Mr Dr. Tamerlan Karayev, hari Rabu 30 Agustus malam.

Kesempatan itu dimanfaatkan oleh Irianto dengan baik, wekaligus bersilaturahmi dan berdiskusi untuk menjajaki kerjasama di bidang pendidikan, kebudayaan, pertanian, investasi dan industri antara Provinsi Kaltara dengan Negara Azerbaijan.

Republik Azerbaijan sendiri, memiliki luas wilayah sekitar 86.000 km2, dengan jumlah penduduk saat ini sekitar 9 juta jiwa dan merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi dan gas alam terbesar di dunia.

Juga merupakan negara agraris, menghasilkan berbagai jenis buah-buahan dan komoditi pertanian lainnya dengan pendapatan per kapita US $ 2,600 (dua ribu enam ratus dollar AS per tahun). Artinya negara ini cukup makmur kehidupan ekonomi masyarakatnya.

Dari hasil diskusi dengan Dubes Azerbaijan dicapai kesepakatan Pemprov Kaltara akan menyampaikan proposal perjanjian kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Rencananya Mr Tamerlan juga akan berencana berkunjung ke Kaltara untuk membantu mempromosikan investasi di Kaltara bagi kalangan pengusaha Azerbaijan, terutama di bidang agro industri, kilang minyak, dan kerjasama di bidang pendidikan, pertanian dan kebudayaan.

Dubes juga menyatakan akan melaporkan hasil diskusi dengan Gubernur Kaltara kepada Presiden Azerbaijan, untuk mencari peluang bantuan dalam rangka turut serta mendukung upaya percepatan pembangunan Kaltara, terutama di bidang pendidikan dan keagamaan.

Alhamdulillah Diskusi dan silaturahmi berlangsung sangat produktif dan penuh persaudaraan dan keramahtamahan.

Saya dan Mr Tamerlan merasa gembira dapat saling berkenalan dan sekaligus akan menindaklanjuti silaturahmi ini dengan kerjasama yang lebih konkrit di masa yang akan datang. * One/sumber fb.

print