Suara Pembangunan

Gunung Putih Dan Duplikat Keraton Kesultanan Objek Wisata Andalan Bulungan

0

TANJUNG SELOR — Tanjung Palas adalah salah satu kecamatan yang hanya berseberangan sungai dengan Ibukota Provinsi Katara dan Ibukota Kabupaten Bulungan. Disini kita dapat menikmati indahnya objek wisata alam Gunung Putih. Yaitu bebatuan kapur (Gamping, Red) yang tinggi menjulang tinggi dan dilengkapi dengan anak tangga yang cukup aman bagi para pengunjung yang ingin mencapai puncak gunung tersebut.

Pada sisi kiri dan kanan Objek Wisata Alam Gunung Putih juga terdapat gua-gua kelelawar dan walet. Anda juga bisa masuk kesana karena berbagai safety sudah disiapkan. Diterangi lampu yang cukup dan tempat istirahat atau gajebo yang tertata rapi bagi para pengunjung gua yang ingin melepas lelah saat pendakian.

Selain Gunung Putih, di Tanjung Palas juga terdapat wisata sejarah dan wisata Budaya Kesultanan Bulungan. Berupa museum peninggalan sultan. Disana bisa kita temui barang-banrang peninggalan kerajaan tempo dulu, seperti singgasana Raja, tempat mandi maupun barang keperluan sultan sehari-sehari. Termasuk silsilah Para Sultan Bulungan yang pernah berkuasa.

Bila kedatangan anda ke Tanjung Palas bertepatan dengan upacara adat budaya suku Dayak Kenyah di Desa Teras Baru, maka anda akan bisa melihat langsung berbagai atraksi tarian dan jenis upacara suku dayak yang tidak kalah hebat untuk disaksikan. Biasanya juga pada acara ini para turis mancanegara dari berbagai belahan duni kerap hadir disana.

`Objek wisata alam lainnya yang tidak kalah menarik adalah air terjun di desa Gunung Seriang dan Pendam. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dengan kota Tanjung Selor atau Tanjung Palas, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua. Hanya memakan waktu sekitar setngah jam kita sudah bisa menikmati panorama alam disana.
Pantai Nibung Dan Pulau Burung di Kecamatan Bunyu

Hampir rata-rata kecamatan yang ada di Kabupaten Bulungan memiliki objek wisata alam yang sangat menarik untuk di Kunjungi. Misalnya dikecamatan Bunyu terdapat pantai Nibung, disini kita bisa disuguhi panorama yang indah ketika sore hari, sangat cocok untuk siapa saja yang ingin belajar berenang lantaran air disekitar pantai tersebut cukup bersahabat.

Selain pantai Nibung Kecamatan Bunyu juga terdapat objek wisata Pulau Burung, beribu jenis burung dari berbagai benua pada waktu tertentu singgah kepulau tersebut untuk berkembang biak. Pemandangan pantai disini juga tdak kalah memukau bagi siapa saja yang berkesempatan untuk singgah berlibur disana.
Pantai Tirta Kuning di Kecamatan Tanjung Palas Timur

Dikecamatan Tanjung Palas Timur juga memiliki objek wisata yang cukup menarik yaitu objek wisata alam pantai Tirta Kuning yang konon tidak kalah dengan keindahan pantai Pataya yang ada di Thailand. Hanya saja sangat disayangkan belum tampak polesan untuk menambah keindahanya, sehingga belum mampu menyedot wisatawan domestik ataupun manca negara. Ditambah lagi Disekitar pantai tersebut belum memiliki hunian yang cukup lumayan sehingga sangat memudahkan para pelancong untuk menginap sekedar melepaskan lelah.

Selain itu, pantai Kampung Baru dan potensi bawah laut desa Mangkupadi di Kecamatan ini juga tidak kalah memukau. Konon ribuan jenis ikan bayak berkembang biak disana, maka wajar saja Kecamatan Tanjung Palas Timur ada lah lumbung ikannya Kabupaten Bulungan. (Nina).

print