Suara Pembangunan

Program Pamsimas Rambah Pedesaan di Bulungan

0

TANJUNG SELOR – Implementasi program pemerintah pusat terkait dengan penyediaan air minum untuk masyarakat berpenghasilan rendah telah dilakukan melalui program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas III). Program itu dilaksanakan melalui Penguatan Kapasitas dengan Pelatihan di Tingkat Masyarakat.

Diantara pelatihan yang dilaksanakan, yaitu Pelatihan Kelembagaan, Pelatihan Teknis SAM dan SAN, Pelatihan Operasional dan Pemeliharaan (BPSPAMS), Yang dilakukan di Hotel Pangeran khar pada tanggal 3 – 4 Oktober 2017 lalu.

Kegiatan Pelatihan Yang di Buka oleh Kepala Bappeda Bulungan, Isnaeni, itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bulungan.

Dengan Peserta dari 10 Desa Sasaran Pamsimas TA 2017, (Desa Karang Agung, Desa Pimping, Desa Long Sam, Desa Long Peso, Desa Long Bia, Desa Long Beluah, Desa Long Bang, Desa Muara Pengian, Desa Mara Hilir, dan Desa Silva Rahayu), Pelatihan ini di maksudkan agar pelaksanaan program dapat berjalan sesuai dengan perencanaan.

Dalam Sambutan nya, Isnaeni, Kepala Bappeda yang mewakili Bupati Bulungan menyebutkan, bahwa air merupakan kebutuhan dasar maka program ini di harapkan dapat menjawab cita cita masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan air minum melalui pola pemberdayaan , yang perencanaan, pelaksanaan , evaluasi dan monitoring dilakukan oleh masyarakat itu sendiri serta memberikan ruang partisipasi kepada masyarakat lain nya untuk ikut ambil bagian dalam memenuhi kebutuhan dasarnya.

Menurut District Coordinator Bulungan Aris Ma’mun Riyadie mengatakan, bahwa program ini bersifat stimulan dan berharap masyrakat berperan aktif sehingga keberberkanjutan program ini dapat berjalan sekaligus pemenuhan kebutuhan air minum bagi masyarakat dapat di penuhi secara bertahap sebagai mana target nasional yaitu 100 0 100 hingga 2019 yaitu 100 % pelayanan air minum, 0% pemukiman kumuh, dan 100 %akses sanitasi layak.

Menurut salah satu Nara sumber dalam kegiatan pelatihan tingkat masyarakat Program Pamsimas 2017, Anwar Joko Prasetyo, yang juga salah satu fasilitator program Pamsimas bahwa program ini juga memberikan peluang bagi masyarakat untuk dapat mengembangkan usaha. Misalkan pembuatan air layak minum jika di mungkinkan juga peluang untuk dapat membuat air minum dalam kemasan , dengan demikian sumber pendapatan untuk pemeliharaan jaringan air minum selain di peroleh dari iuran dari masyarakat pengguna juga bisa di peroleh dari pendapatan usaha. * redaksi .

print