Suara Pembangunan

Ruas Jalan Trans Kaltara Dari KTT Menuju Malinau Masih Rusak Parah

0

TANJUNG SELOR – Jalan raya trans Kalimantan Utara (Kaltara) dari arah Bulungan menuJu Malinau terus dilakukan perbaikan, hanya saja masih belum maksimal, lantaran masih ada puluhan kilo meter ruas jalan yang mengalami kerusakan yang cukup parah.

Seperti ruas jalan yang dari arah Kabupaten Tana Tidung (KTT) menuju Malinau tersebut masih banyak ruas jalan yang berlubang cukup lumayan dalam, masih sulit untuk dilintasi oleh kendaraan khususnya kendaraan roda empat yang memiliki chasis yang rendah.

Hasil penyusuran media ini, Selasa 6/9/2017 saat melintasi ruas jalan trans Kaltara, selain terdapat ratusan lubang jalan dari arah KTT menuju desa Sesua, Kabupaten Malinau, beberapa tempat juga terjadi longsoran pada bahu jalan sehingga sangat riskan untuk dilintasi karena badan jalan yang kian mengecil dari lebar jalan semula dibangun.

Kendati demikian, untuk ruas jalan dari arah KTT menuju Tanjung Selor sudah lumayan mulus. Namun masih  ada beberapa tempat juga perlu diberi garis pembatas, sebagai panduan bagi kendaraan yang berlawanan arah untuk tidak “mencuri” jalan saat berpapasan.

Kerusakan lubang jalan yang cukup lumayan parah juga bisa dilihat ditanjakan gunung Seputuk dan gunung Belanda. Bila tak segera dilakukan perbaikan diperkirakan satu atau dua minggu kedepan ruas jalan itu sudah tak bisa lagi dilewati.

Karena selain bisa membahayakan saat kendaraan mendaki, juga sangat rawan bisa terjadi tabrakan saat kendaraan yang nasib nya kebetulan lagi apes berpapasan disana, karena berupaya menghindari.lubang jalan yang semakin dalam.

Dibagian lain, seperti ruas jalan dari arah desa Salap Kabupaten Malinau menuju desa Mansalong juga sedang dalam tahap perbaikan. Namun pola perbaikan tambal sulam yang dilaksanakan saat ini.pada bagian yang dianggap rusak juga sepertinya tak maksimal. Lantaran masih ada terdapat lubang jalan yang rusak luput dari perbaikan dimaksud, sehingga lubang jalan tetsebut akan berpotensi kembali memperparah kerusakan yang baru.

Karenanya untuk ruas jalan Salap – Mansalong kedepan nya  perlu diperbaiki secara menyeluruh. Agar keberadaan nya bisa dinikmati oleh masyarakat sebagai pengguna jalan dalam waktu yang cukup lama, mengingat fungsi ruas jalan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat dua kabupaten, yakni Kabupaten Malinau dan Nunukan untuk memasarkan hasil pertanian maupun sebagai jalur distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat yang ada di perbatasan kecamatan Lumbis. * One.

print